Wisata Tirta Gangga Bali Bali terletak sekitar 6 km sebelah utara kota Amlapura, di mana 1,2ha kolam renang, kolam dan air mancur dikelilingi oleh taman tropis. Pemandangannya mempesona dengan sawah yang subur, taman hias dengan kolam renang, air mancur, ukiran batu, trotoar batu, kolam ikan, dan trotoar yang lapang.

Tirtagangga secara harfiah berarti air dari Gangga (Gangga suci India) dan merupakan situs spiritual bagi umat Hindu di Bali. Istana Air dibangun di sini antara akhir 1940-an dan 1950-an oleh Gusti Gede Djelantik, pewaris bekas Kerajaan Karangasem. Bagian tengah istana adalah air mancur sebelas lantai dan ada banyak ukiran dan patung yang didekorasi dengan indah di antara taman.

Terpesona Dengan Keindahan Magis Istana Air Wisata Tirta Gangga Bali Disukai Banyak Wisatawan

Taman istana air Tirta Gangga Bali dirancang dan dibangun pada tahun 1948, seperti taman peri dan wisatawan dapat berjalan di antara air mancur, berenang di beberapa kolam renang atau koridor. ribuan ikan koi berwarna-warni.

Baca Juga: Curug Bidadari, Air Terjun Indah dan Mempesona yang ada di Bogor

Kolam terbesar terletak di tingkat terendah Tirtagangga, di mana air mengalir ke sawah di dekatnya. Pengunjung dapat menjelajahi pantai terapung yang terawat, menjelajahi air mancur, dan mengagumi puluhan patung yang bertebaran di sini. Pemandangan sawah yang hijau terang terlihat dari titik tertinggi. Dua jembatan menghubungkan kedua sisi kolam, di mana patung naga legendaris dihias dengan hiasan di kedua sisinya.

Pengalaman perjalanan ke istana air Tirta Gangga Bali

Ada peristiwa menyedihkan yang terjadi pada tahun 1963, letusan Gunung Agung menghancurkan hampir semua arsitektur di Istana Tirta Gangga. Semua vegetasi menghilang karena pengaruh lahar panas dan abu saat gempa. Untuk sementara waktu selama letusan, istana Tirta Gangga ditinggalkan. Penduduk desa bersama keluarga Raja pergi ke tempat yang lebih aman. Untungnya, istana itu segera dipugar dengan segala upaya dan masih mempertahankan keindahan aslinya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tirta Gangga water palace

Tirta Gangga adalah tujuan wisata Bali yang populer  , jadi untuk menghindari keramaian, Anda harus pergi dan berkunjung pagi-pagi sebelum jam 10 pagi.

Atau sore hari sekitar jam 5 sore sebelum tutup (jam 6 sore setiap hari). Biasanya, pada waktu itu, tidak ramai.

Tamannya tidak terlalu besar sehingga jika Anda ingin menikmati dan meluangkan waktu Anda membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit.

Bagaimana menuju ke istana air Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga terletak di desa Ababi, dinasti Karangasem, Bali, Indonesia, sekitar 75km timur kota Denpasar .

Kompleks ini adalah tempat peristirahatan yang sejuk di dataran tinggi timur, bertengger di lereng tenggara gunung tertinggi di pulau itu, Gunung Agung.

Cara termudah bagi wisatawan untuk mencapai istana air Tirta Gangga adalah dengan kereta Perama dari dan ke bandara, Kuta, Sanur, Ubud, Amed, Tulamben, Padang Bach dan Candidasa.

Self-drive juga tersedia, meskipun perjalanan dari Kuta atau Seminyak bisa memakan waktu hingga tiga jam dan dua jam dari Ubud.

Tiket Masuk Tirta Gangga Water Palace

Mengunjungi Tirta Gangga dikenakan biaya masuk sebesar Rp 30.000 per orang. Ada biaya tambahan Rp 10.000 per orang untuk berenang di danau air tawar.

Tiket dapat dibeli di loket tiket yang terletak tepat di depan pintu masuk area parkir.

Dan pembayaran harus tunai dalam mata uang Rupiah (IDR), jadi harap siapkan uang tunai kecil sebelum Anda datang ke sini.

Anda dapat memberi makan ikan di area tersebut dan memberi makan ikan dengan harga Rp 5.000 per kantong, lalu mengambil foto kenangan di Tirta Gangga untuk mengakhiri kunjungan Anda.

Tirta Gangga terbuka untuk pengunjung tujuh hari seminggu dari pukul 6 pagi hingga 6 sore, sepanjang tahun, kecuali Nyepi (liburan Hari Raya Nyepi).

Nyepi, hari libur umum di Indonesia, adalah hari hening, puasa dan meditasi bagi orang Bali. Hari berikutnya Nyepi juga diperingati sebagai Hari Tahun Baru.

Hal yang Dapat Dilakukan di Istana Air Tirta Gangga Bali

Di tengah kesucian Istana Air Tirta Gangga, air mancur dan kolam, taman yang indah dan suasana yang tenang jelas merupakan tujuan yang benar-benar menyenangkan di Bali.

Mengunjungi kolam ikan: kolam besar dengan banyak ikan Koi jelas merupakan pengalaman yang menarik. Para pengunjung akan dapat memberi makan ikan sendiri.

Air tawar dari istana air Tirta Gangga Bali adalah air suci. Merupakan sumber air minum untuk seluruh kota Amlapura. Airnya juga digunakan untuk upacara keagamaan di kuil-kuil di dalam istana. Mengalir ke kolam renang, kolam dan mengosongkan sawah di daerah sekitarnya sehingga berenang di sini menyenangkan. Kolam renang memungkinkan Anda untuk menikmati berenang dan berenang di air segar yang sejuk di luar ruangan di samping patung-patung indah, air mancur, taman hijau.

Meditas i: Istana air Tirta Gangga Bali adalah tempat peristirahatan yang sempurna bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Tepat di belakang gerbang utama pengunjung akan disambut oleh 2 patung naga cantik yang menjadi penjaga area meditasi. Naga akan memberi Anda energi negatif yang benar dan perlindungan dari roh jahat.

Restoran Tirta Gangga

Ada banyak pilihan tempat makan di istana air Tirta Gangga Bali yang terletak di sekitar pintu masuk Tirta Gangga dan harganya lebih murah daripada di sebagian besar kawasan wisata lainnya.

Berbagai macam restoran buka sepanjang hari dengan aktivitas yang lebih sedikit di malam hari, mulai dari hidangan warung tradisional Indonesia hingga restoran eksklusif pasar yang terletak di dalam pekarangan istana.

Dan restoran Tirta Ayu adalah perhentian makan siang favorit di dalam istana yang menawarkan pemandangan spektakuler dari taman air hingga ke bukit.

Anda dapat menikmati hidangan lezat di restoran Tirta Ayu setelah menjelajahi istana. Menu dapat memilih hidangan lokal atau hidangan Eropa. Restoran ini terkenal dengan keramahannya yang luar biasa serta standar dan kualitas makanannya. Itu sebabnya restoran ini menjadi restoran favorit di kalangan wisatawan.